09 March 2015

5 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara

Apakah anda termasuk pemula di bidang ikan hias? Berikut akan saya berikan beberapa jenis ikan hias air tawar akuarium bagi pemula. Jangan berkecil hati jika anda merupakan seorang pemula, karena para ahli pun dulunya adalah pemula. Jika anda baru mulai membuat akuarium, maka anda perlu mengetahui jenis-jenis ikan hias air tawar akuarium yang mudah untuk dipelihara. Kita harus memilih ikan yang tahan lama, kuat dan mudah diurus.
 
Berikut akan saya jabarkan 5 jenis ikan hias air tawar yang mudah untuk dipelihara di akuarium bagi pemula. Jika anda ingin mengetahui jenis ikan hias yang lain anda bisa melihat di sini.
 
Gold Fish
 
mas koki jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara
Ikan ini dikenal dengan nama ikan maskoki. Ikan mas koki memiliki warna dan ukuran yang beragam. Ikan ini memiliki bentuk kepala yang lucu dan ekor yang seperti kipas. Karena bentuknya yang lucu tersebut ikan goldfish sangat disukai oleh pencinta ikan hias. Ikan ini mudah dipelihara dalam akuarium namun perlu diingat untuk sering memantau kualitas air dalam akuarium. Penggantian air scara teratur perlu dilakukan.
 
Bloodfin Tetra
 
tetra jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara
Ikan tetra merupakan ikan yang aktif bergerak. Ikan ini biasanya ditempatkan dalam akuarium secara berkelompok. Hal yang membuat kita terhibur adalah ketika ikan ini bergerak secara berkelompok. Ikan tetra merupakan ikan yang cinta damai alias tidak agresif, bergerak secara aktif dengan kelompoknya. Anda akan menikmati pertunjukkannya ketika menambahkan ikan ini dalam akuarium
 
Black Molly
 
molly jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara
Ikan moli adalah ikan yang sangat tenang. Ikan ini cocock ditempatkan dalam akuarium di rumah anda. Jika anda ingin menempatkan ikan dengan berbagai spesies (jenis) ikan ini adalah pilihan yang tepat. Ikan ini mampu beradaptasi dengan baik, rentang salinitas untuk ikan ini cukup lebar. Ikan black molly merupakan ikan livebearer. Jika anda meletakkan ikan jantan dan betina dalam kolam bisa jadi akan menghasilkan anak-anak yang baru.
 
Platies
 
platy jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara
Ikan platy merupakan ikan yang cocok bagi para pemula. Ikan ini mudah dipelihara dan memiliki pilihan warna yang banyak. Ikan ini merupakan ikan livebearer. Jadi jangan terkejut jika nanti terdapat ikan-ikan kecil di akuarium anda. Ikan ini sangat membantu dalam akuarium karena dia memakan alga-alga yang terdapat dalam akuarium
 
Betta
 
betta jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara
Ikan cupang tentunya sudah tidak asing bagi kita. Ikan ini memiliki warna yang indah dan unik. Ikan ini merupakan ikan petarung. Ikan jantan memiliki warna yang cerah dan menarik. Jangan meletakkan ikan jantan lain ke dalam akuarium karena bisa jadi mereka akan bertarung satu sama lain. Ikan jantan memiliki ekor yang panjang dan indah. Hindari menaruh ikan yang kemungkinan bisa merusak ekor ikan jantan tersebut.
 
Demikian tadi jenis ikan hias air tawar akuarium bagi pemula. Bagaimana teman-teman, apakah anda punya jenis ikan lain yang menurut teman-teman mudah dipelihara? Teman-teman bisa menyebutkannya di kolom komentar.
 
Baik mungkin demikian artikel yang bisa saya sampaikan. Terus ikuti perkembangan artikel seputar ikan hias di sini.