23 March 2015

Peluang Bisnis Ikan Hias Air Tawar yang Menggiurkan

Bisnis ikan hias baik itu bisnis ikan hias air tawar maupun bisnis ikan hias air laut merupakan bisnis yang sangat menjanjikan. Potensi yang dimiliki sangat tinggi untuk dikembangkan. Apakah teman-teman pernah berpikir bisnis ikan hias ini akan terhenti? Selama masih ada orang yang menikmati keindahan ikan hias dan peduli dengan keindahan interior rumah, sepertinya bisnis ini akan terus berkembang.
 
bisnis ikan hias air tawar
Pemeliharaan ikan hias di dalam suatu wadah sepertinya sudah dimulai sejak dahulu. Sebelum abad ke 16 dan masih jauh lagi. Akuaris pertama diduga dimulai sejak zaman mesir kuno.
 
Prospek wirausaha ikan hias sangat baik. Namun perlu adanya pemahaman karakteristik komoditas ikan hias, mengetahui perkembangan informasi tentang ikan hias, mengerti tentang produksi dan pemasaran ikan hias. Informasi-informasi terbaru tentang ikan hias bisa teman-teman temukan di media elektronik maupun cetak, salah satunya adalah di website ini.
 
Budidaya ikan hias air tawar terus berkembang. Seiring dengan peningkatan permintaan baik untuk dalam negeri maupun ekspor para pembudidaya termotivasi untuk terus meningkatkan hasil produksinya. Saat ini telah banyak ditemukan panduan untuk membudidayakan ikan hias. Bagi pemula panduan tersebut sangat diperlukan.
 
Indonesia memiliki jenis ikan hias yang sangat beragam. Namun tingkat ekspor indonesia masih di bawah singapura. Kenapa hal itu bisa terjadi? Kita masih kalah dalam strategi pemasaran. Pemasaran merupakan mata rantai yang sangat penting, walaupun kita menguasai produksi, namun jika kalah strategi pemasaran maka keuntungan yang kita peroleh juga tidak maksimal. Singapura menguasai 25% pasar Eropa padahal 50% pasokan ikan hias mereka berasal dari Indonesia. Tanya kenapa?
 
Kita dapat berperan dalam mata rantai bisnis ikan hias air tawar. Kita bisa menjadi seorang pembudidaya, perantara, maupun penampung. Selain itu kita juga bisa berperan menjadi pemasok bahan-bahan maupun alat-alat pendukung budidaya ikan hias. Misalnya sebagai penjual obat ikan hias, penjual pakan ikan, dan peralatan. Skala usaha juga bisa kita pilih baik itu skala kecil, skala menengah, maupun skala besar
 
Banyak komoditas ikan hias yang potensial untuk dikembangkan. Pada artikel sebelumnya hal ini telah dibahas (lihat juga jenis-jenis ikan hias air tawar yang potensial). Ikan-ikan seperti loach, cichlids, guppy, Angel fish, discus, goldfish,  memiliki potensi untuk dikembangkan. Ikan-ikan ini juga sangat digemari karena keindahan dan mudah untuk dipelihara.
 
Setelah membaca pemaparan yang saya berikan apakah teman-teman merasa tertarik untuk menjadi salah satu pemeran rantai bisnis ikan hias? Sebelum anda menjadi salah satu pemeran pada bisnis ini ada baiknya untuk mempelajari komoditas ikan hias yang potensial.
 
Baik sekian dulu cuap-cuap saya, jika ada masukan mengenai peluang bisnis ikan hias air tawar, anda bisa memberikan komentar anda. Saya sangat mengapresiasi jika ada yang memberikan kritik dan saran yang membangun.