23 December 2014

Jenis Ikan Hias Air Tawar Jilid Pertama

Ikan hiasair tawar merupakan ikan hias yang memliki habitat di air tawar. Ikan hias air tawar biasanya dipelihara di akuarium maupun di kolam. Sistem budidaya ikan hias air tawar lebih mudah jika dibandingkan dengan ikan hias air laut. Sistem budidaya ikan air laut memerlukan teknologi yang lebih besar modalnya.

Berbicara mengenai ikan hias air tawar tentunya kita perlu tahu beberpa jenis ikan air tawar yang populer di Indonesia. Ikan hias tersebut populer karena keindahan yang dimiliki sehingga bisa menghibur pemeliharanya. Berikut adalah beberapa jenis ikan air tawar yang populer (Bagian 1).

Ikan Oscar

oscar jenis ikan hias air tawar

Oscar  (Astronotus ocellatus) merupakan salah satu jenis cichlid yang telah lama akrab dengan manusia.  Ikan ini sudah kurang lebih 50 tahun akrab dengan manusia. Oscar adalah ikan yang berasal dari Amerika Selatan, S ungai Amazon, Parana, Rio Paraguay, dan Rio Negro.  Ikan oscar yang ada saat ini merupakan hasil pembudidayaan dan jarang berasal dari habitatnya.

Ikan Arwana
 
arwana jenis ikan hias air tawar

Ikan arwana merupakan ikan yang masih tergolong ikan purba. Ikan ini memiliki tubuh yang besar dengan sisik yang mengkilat. Ikan arwana memiliki nama latin Sclerophages formous. Ikan ini juga bisa disebut dengan nama ikan naga, ikan payang, siluk, silok, kalikasa, kalasa dan khayangan. Harga jual ikan arwana cukup tinggi.

Ikan Cupang
 
cupang jenis ikan hias air tawar

Ikan cupang merupakan ikan yang indah dengan beragam warna yang dimiliki. Ikan ini memiliki warna yang bervariasi seperti merah, biru, kuning, putih, dan lain-lain. Ikan ini memiliki nama latin betta sp. Sirip ikan cupang sangat panjang jika dibandingkan dengan tubuhnya. Namun keunikan ini yang membuat ikan cupang sangat disukai karena keindahannya.

Ikan Koi
 
koi jenis ikan hias air tawar

Ikan koi masih memiliki hubungan kerabat dengan ikan mas dan ikan maskoki. Ikan koi biasanya berwarna hitam, putih, merah, kuning, perak. Ikan koi merupakan hasil persilangan ikan mas yang memiliki warna manarik. Ikan ini biasanya dibudidayakan di dalam kolam. Harga jual ikan ini juga tinggi bergantung pada susunan warna yang dimiliki.

Ikan Discus
 
discus jenis ikan hias air tawar

Ikan diskus berbentuk bulat pipih seperti piring yang telungkup.Ikan diskus memiliki nama latin Symphysodon aequifasciata. Ikan diskus memiliki warna yang indah dengan berbagai varian warna. Ikan ini memiliki tingkah laku yang tenang. Namun ikan discus mudah mengalami stres.

Demikianlah jenis ikan hias air tawar yang fenomenal. Masih akan ada lagi jenis ikan hias air tawar yang akan diposting disini, jadi tetap nantikan ya guys.