03 January 2016

Makanan Sehat Bergizi Seimbang untuk Ibu Menyusui

makanan sehat untuk ibu menyusui
Ibu yang sedang menyusui harus mengkonsumsi makanan dengan prinsip gizi seimbang. Makanan sehat perlu diberikan agar kondisi ibu cukup sehat untuk menyusui. Menyusui merupakan kewajiban seorang ibu, namun tugas seorang ayah adalah menyediakan gizi yang cukup untuk sang ibu. 

Hubungan antara ibu dan anak sangat erat. Koneksi tersebut harus dijaga bahkan ketika ibu melahirkan dan akan mulai menyusui. Praktik Inisiasi Menyusui Dini (IMD) perlu dilakukan. Bayi tidak dipisahkan dari ibunya, melainkan langsung diletakkan diatas perut ibu. Bayi akan aktif mencari puting susu ibu sehingga proses menyusui berlangsung secara alami. Namun pada praktiknya, selama ini bayi dipisahkan dari ibunya.

Ibu yang menyusui biasanya merasa lapar dan haus. Oleh karena itu makanan yang diberikan kepada ibu menyusui adalah makanan yang bergizi dan diberikan cukup minum air putih. Ibu menyusui memerlukan asupan gizi yang lebih besar karena gizi tersebut juga diperuntukkan bagi sang buah hati.

Kuantitas dan kualitas makanan sehat untuk ibu menyusui lebih banyak jika dibandingkan dengan tidak menyusui. Kekurangan gizi pada ibu menyusui sering disebabkan karena selama kehamilan asupan gizi yang diberikan kurang. Oleh karena itu ketika menyusui perlu diberikan asupan vitamin dan suplemen.

makanan untuk bayi
Salah satu masalah yang dialami ibu menyusui adalah kurangnya produksi air susu ibu (ASI). Sang ibu perlu diberikan makanan untuk meningkatkan produksi ASI sehingga bayi menyusui tidak dengan jadwal melainkan diberikan sesuai keinginan sang buah hati. Makanan yang biasa digunakan untuk meningkatkan produksi ASI adalah daun katup dan daun torbangun. Sangat dianjurkan agar ibu menyusui menyusun menu makanan yang mengandung dua bahan tersebut.

Kadang kala ibu menyusui menemukan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan gizi karena berbagai alasan seperti kesibukan. Alangkah baiknya jika ibu menyusui melakukan konsultasi ke dokter. Dokter akan memberikan masukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Ibu menyusui yang kesulitan untuk memenuhi kebutuhan gizi, bisa mengkonsumsi suplemen terutama yang mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin A serta zat besi.

Demikian tadi makanan sehat yang harus diberikan kepada ibu agar cukup siap untuk menyusui sang buah hati. Ketersediaan makanan sehat untuk ibu menyusui tidak hanya tanggung jawab ibu, namun juga perlu mendapat bantuan dari sang ayah, sehingga asupan gizi yang diterima seimbang.