20 January 2015

Ikan Arwana yang Fantastis

Ide untuk membuat artikel tentang ikan arwana muncul ketika melihat Tukul Arwana di televisi. Haha. Menurut saya Ikan arwana sangat indah dan elegan. Anggun ketika bergerak namun agresif ketika melihat mangsanya. Indah bukan? Tapi bagi saya pendapat tiap orang berbeda-beda bagaimana menurut anda? Artikel pada kategori ini akan membahas mengenai ikan arwana yang anggun. Saya pernah melihat ikan ini di akuarium teman saya dengan warna berkilauan yang indah.

ikan arwana
Ikan arwana merupakan ikan yang digemari karena memiliki warna yang unik. Gerakan ikan ini sangat anggun dengan kilauan yang mengagumkan.

Ikan arwana merupakan salah satu spesies ikan air tawar dari Asia Tenggara. Ikan ini memiliki badan yang panjang; sirip dubur terletak jauh di belakang badan. Arwana umumnya memiliki warna keperak-perakan. Arwana juga disebut "Ikan Naga" karena sering dihubung-hubungkan dengan naga dari Mitologi Tionghoa.

Arwana mempunyai bentuk tubuh yang unik, yaitu memanjang dan ramping menyerupai pisau. Selain itu, arwana juga memiliki ciri khas tersendiri, yaitu dua buah sungut yang terdapat pada bibir bawahnya. Gerakan renang arwana sangat anggun dan sisik-sisiknya yang berkilau menambah indah sosok arwana.

Arwana termasuk jenis ikan yang dilindungi karena ketersediaannya di alam dalam jumlah yang terbatas. Hal inilah yang menyebabkan mahalnya harga arwana. Meskipun harganya termasuk mahal, namun arwana tetap diminati oleh banyak orang karena keindahannya.

Ikan arwana memiliki warna yang indah dan beragam. Ikan-ikan arwana dengan warna yang berbeda ditemukan pada lokasi-lokasi tertentu.

The Green adalah varietas yang paling umum, ditemukan di Indonesia (Kalimantan dan Sumatera), Vietnam, Myanmar, Thailand, Kamboja, dan Malaysia.

Silver Asian (jangan bingung dengan silver arwana, Osteoglossum bicirrhosum) dianggap bagian dari kelompok berwarna hijau. Memiliki dua subvarietas, "grey tail silver" atau "Pinoh arwana," dan "yellow tail silver," masing-masing ditemukan di wilayah yang berbeda di pulau Kalimantan, Indonesia.

Red-Tailed Golden ditemukan di Sumatera Utara, Indonesia.

The Gold Crossback, Blue Malayan, atau Bukit Merah Blue asli berasal dari negara bagian Pahang dan daerah Bukit Merah di Perak, Semenanjung Malaysia.

The Red, Super Red, Blood Red, atau Chili Red diketahui hanya berasal dari bagian atas Sungai Kapuas dan danau di dekatnya di bagian barat Kalimantan, Indonesia

Arwana mampu tumbuh hingga memiliki panjang 90 cm. Ikan arwana memiliki sisik yang besar dengan bentuk cycloid. Ikan arwana merupakan ikan karnivora. Makanan untuk ikan arwana diusahakan merupakan makanan hidup seperti udang dan jangkrik. Ikan arwana biasanya memakan makanan pada bagian atas perairan akuarium. Ikan arwana sangat agresif sehingga biasanya diletakkan sendiri pada akuarium dan jarang ditempatkan dengan jenis ikan lain.

Bagaimana teman-teman pencinta ikan hias? Apakah tertarik untuk memiliki ikan arwana di rumah anda? Sangat dianjurkan untuk membaca lebih detail tentang ikan arwana di sini. Mudah-mudahan kedepannya saya bisa memberikan tips memelihara ikan arwana di akuarium. Mohon doanya ya teman-teman.

Baik mungkin sekian dulu cuap-cuap saya diartikel ini. Terus ikuti perkembangan informasi tentang ikan hias. Bookmark ya teman-teman, hehehe.