22 July 2013

Ikan Untuk Perkembangan Otak Anak

Setiap orang tua tentunya menginginkan anak yang berprestasi. Lalu bagaimanakah caranya? selain belajar, tentunya harus diikuti dengan pemberian nutrisi yang baik untuk perkembangan otak. Salah satu makanan yang baik untuk perkembangan otak anak adalah ikan.


Para ahli menyarankan untuk memilih ikan yang mengandung asam lemak yang bermanfaat seperti salmon. Ikan ini merupakan sumber terbaik asam lemak omega 3 yang penting untuk fungsi dan pertumbuhan otak anak. Faktanya, beberapa studi juga membuktikan, mereka yang gemar menyantap ikan yang mengandung omega 3 memiliki pikiran yang tajam dan mencatat hasil yang baik dalam tes kemampuan mental.

Dari berbagai jenis asam lemak omega 3, DHA merupakan asam lemak terpenting bagi perkembangan otak dan retina. DHA berada dalam struktur fosfolipid yang merupakan komponen membran otak dan retina. DHA merupakan asam lemak terbesar (lebih dari 30%) dari asam-asam lemak dalam otak abu-abu. Demikian juga dalam retina mata. Kadar DHA dalam segmen terluar sel batang fotoreseptor dalam retina dapat mencapai 30-40% dari total asam lemak. Konsentrasi DHA yang tinggi dalam membran sel-sel batang dalam retina menyebabkan fluiditas membran meningkat. Peningkatan fluiditas membran ini menyebabkan peningkatan mobilitas protein dan aktivitas enzim-enzim dalam retina yang berperan dalam proses transduksi sinyal penglihatan.


Asam lemak omega 3 untuk perkembangan otak dan retina terutama dibutuhkan oleh bayi sejak dalam kandungan dan anak-anak. Pada masa ini perkembangan otak berlangsung secara cepat. Asam lemak omega 3 yang harus dipenuhi dari makanan pada masa ini adalah DHA. Beberapa susu formula dan makanan bayi yang beredar di pasaran disuplementasi dengan asam α-linolenat. Konversi asam α-linolenat menjadi DHA dalam tubuh berlangsung lambat, dan pada masa bayi dan anak-anak konversi dari asam α-linolenat menjadi DHA tidak cukup. Oleh karena itu, untuk bayi dan anak-anak pemenuhan kebutuhan akan DHA harus tercukupi dari makanan.

Bagaimana? dari paparan di atas terlihat jelas bahwa ikan sangat bermanfaat untuk perkembangan otak dan kesehatan mata. Namun perlu diingat ikan yang baik adalah ikan yang hidup pada perairan yang terjaga kebersihannya. Maka ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan perairan untuk anak cucu kita.