21 July 2013

Edibel Antifreeze

Apakah anda pernah mengkonsumsi es krim? tentunya bagi anda yang membaca artikel ini pernah mengkonsumsi makanan tersebut. Es krim tidak serta merta muncul menjadi makanan yang enak seperti saat ini. Namun banyak perkembangan yang terjadi.Penelitian terus dilakukan untuk perkembangan yang lebih baik. Salah satu penelitian yang telah dilakukan adalah edible antifreeze.

Peneliti menambahkan edible protein yang disebut hidrolisat gelatin dalam es krim. Gelatin merupakan protein kolagen yang diturunkan dari jaringan ikat. Bagian tersebut diuraikan mnggunakan asam atau bahan kimia lain. Pemanasan membuat lapisan gelatin terbentuk di bagian atas. Gelatin ini nantinya digunakan pada es krim. Protein menghambat pembentukan kristal es, menjaga tetap kecil. Kristal es yang yang biasanya terbentuk, ketika ditambahkan protein akan terhambat.

Penemuan ini sangat bermanfaat untuk pembuatan es krim.Terutama karena dibuat dari protein, bahan ini aman untuk di konsumsi. Penyimpanan es krim yang ditambahkan protein diduga dapat bertahan lama, dan tidak perlu cemas ketika di thawing.