01 May 2016

Bunda Berikut Jenis Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

makanan sehat untuk ibu menyusui
Pada sesi artikel ini saya akan mengulas beberapa makanan sehat untuk ibu menyusui. Bukan saja saat hamil, asupan makanan ibu menyusui juga pentung untuk dijaga dan diperhatikan. Bayi yang baru lahir hanya mendapat mendapatkan asupan makanan melalui susu Sang ibu. Sebenarnya bisa juga sih dari susu formula, tapi akan sangat lebih baik bila nutrisi makanan berasal dari susu ibu. Menyusui itu sangat penting buat menjaga kedekatan batin antara ibu dan bayinya. Hasil beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa ASI dapat meningkatkan kekebalan tubuh bayi sehingga mencegah terjadinya infeksi. So, buat ibu-ibu muda yang baru saja melahirkan jangan malu dan tidak mau untuk menyusui buah hatinya.

Asupan makanan sehat untuk ibu menyusui ini berguna untuk menjaga kualitas dan memperlancar ASI agar pasokan ASI ekslusif tercukupi untuk tumbuh kembang Si buah hati. Sebelum kita mengulas makanan apa saja yang harus Anda konsumsi, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja yang dibutuhkan buah hati Anda untuk tumbuh dan berkembang. Bayi sangat membutuhkan EPA dan DHA untuk perkembangan otaknya supaya cerdas. Selain itu bayi juga membutuhkan berbagai vitamin dan mineral.


Setelah mengetahui apa saja yang dibutuhkan Si kecil, maka kita akan dengan mudah menentukan makanan yang wajib dikonsumsi ibu-ibu menyusui. 

makanan untuk ibu menyusui yang sehat
Ikan

Ikan merupakan sumber makanan yang kaya kandungan EPA dan DHA yang sangat bagus untuk perkembangan otak Si buah hati. Hanya ikan laut saja yang memiliki omega-3, EPA, dan DHA yang tinggi. Ibu-ibu yang sedang menyusui diharuskan makan ikan minimal 12 ons tiap minggunya. Jenis ikan yang disarankan adalah ikan yang tidak mengakumulasi logam berat di dalam tubuhnya. Beberapa ikan yang dianjurkan yaitu ikan salmon, tuna, mackarel, sarden, dan ikan pelagis lainnya.

Sayur-sayuran

Sayuran dapat menyuplay kebutuhan vitamin dan asam folat yang dibutuhkan buah hati dan Anda juga.  Ibu menyusui   harus mengkonsumsi sayuran seperti bayam, selada, jamur, tomat, dan labu. Asam folat sangat dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah. Sayuran juga menyediakan vitamin C, serat dan zat besi. 

Kacang -kacangan

Mineral dapat diperoleh dari kacang-kacangan. Contohnya kacang kenari, kemiri, kemiri dan huzelnut. Kacang tersebut memberikan asupan mineral kalsium, kalium, magnesium, dan fosfor.

Susu

Susu banyak mengandung vitamin D yang berguna untuk pembentukan dan kesehatan tulang bayi Anda. Susu juga mampu merangsang dan menjaga kualitas produksi ASI.

Nah, sudah tau kan makanan sehat untuk ibu menyusui. Semoga bermanfaat dan berikan ASI ekslusif berkualitas untuk buah hati Anda.