15 May 2016

Makanan Sehat untuk Bayi Aktif dan Cerdas

makanan sehat untuk bayi
Banyak sekali iklan yang menawarkan produk-produk makanan sehat untuk bayi. Namun apakah itu bagus dan benar-benar sehat tanpa adanya zat tambahan dan pengawet? Daripada kita ragu dan takut, ada baiknya jika kita memberikan makanan sehat yang kita buat sendiri dari bahan alami bukan instan. Perkembangan anak juga dipengaruhi oleh asupan makanan yang diterimanya. Usia 0-5 tahun merupakan golden age, sehingga ibu-ibu harus benar-benar selektif dalam memilih makanan yang tepat untuk buah hatinya.

Beberapa makanan sehat untuk bayi supaya aktif dan mampu mencerdaskan yang bisa ibu-ibu berikan pada buah hatinya yaitu:

Telur
Telur merupakan salah satu makanan sumber protein dan lemak yang bisa kita berikan kepada bayi. Telur mengandung kolin yang dibutuhkan untuk meningkatkan daya ingat anak. Namun sebelum memberikannya ada baiknya kita teliti lebih lanjut apakah anak kita alergi terhadap telur. Jika ternyata alergi maka sebaiknya pemberian telur dilakukan pada usia di atas 5 tahun.

Susu
Produk olahan susu sangat membantu untuk perkembangan tulang dan perkembangan otak si buah hati terutama daya ingat. 


makanan sehat untuk bayi
Ikan
Kandungan omega-3 pada ikan sangat berperan penting untuk perkembangan otak dan ketajaman penglihatannya. Kandungan EPA dan DHA pada anak juga mampu membuat buah hati menjadi lebih fokus. Ikan yang sangat bagus dikonsumsi untuk kecerdasan bayi yaitu ikan salmon.

Gandum/serealia
Golongan serealia (gandum, beras, dan beras merah) mengandung glukosa dan vitamin B yang baik untuk kecerdasan bayi.  Serealia berfungsi untuk menjaga dan meningkatkan  aliran darah ke sistem saraf . Kandungan mineral kalium dan zinc yang terdapat dalam serealia membantu otak dan tubuh bekerja optimal.

Daging
Daging sapi bebas lemak kaya akan zat besi. Untuk anak yang aktif, sangat dianjurkan diberikan daging karena mampu menyediakan energi untuk aktivitasnya. Sama halnya dengan serealian, daging juga menyediakan zinc yang berguna untuk kecerdasan buah hati Anda.

Eits.. jangan lupa, makanan sehat untuk bayi ini baru bisa diperkenalkan pada usia di atas 6 bulan. Sebelum usia tersebut ada baiknya bayi diberikan ASI eksklusif. Semoga bermanfaat dan perkenalkan makanan sehat untuk buah hati Anda sejak dini.