30 December 2014

Jenis Ikan Hias Air Tawar Jilid Kedua

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai jenis-jenis ikan hias air tawar.  Namun sebenarnya ikan hias air tawar sangat banyak jenisnya. Keberagaman spesies menjadi ciri ikan hias air tawar yang ada di Indonesia. Ikan hias sangat digemari di Indonesia terutama untuk memperindah rumah tercinta. Memelihara ikan hias saat ini merupakan lifestyle dan akan terus berkembang selama masih ada para penyayang hewan-hewan lucu. Sebagai seorang pencinta ikan hias, pengetahuan dasar mengenai jenis-jenis ikan hias sangat diperlukan. Berikut saya berikan lima jenis ikan hias yang mengagumkan di Indonesia.
 
Ikan Mas Koki
Ikan mas koki jenis ikan hias air tawar
 Ikan maskoki adalah salah satu ikan hias akuarium yang paling populer. Varietas Carassius auratus auratus yang telah didomestikasi dan menampilkan mutasi tubuh bersirip ekor ganda dan berbentuk memampat bulat disebut ikan maskoki. Ikan mas koki merupakan ikan yang hidup berkelompok. Ikan mas koki merupakan ikan omnivora.

Ikan Komet
komet jenis ikan hias air tawar
Ikan komet juga merupakan ikan yang digemari oleh masyarakat. Ikan ini termasuk famili Ciprinidae, masih memiliki hubungan dengan ikan mas. Ikan komet dapat dipelihara pada kondisi air yang tenang. Ikan ini memiliki variasi warna yang menarik. Ekor ikan komet panjang oleh karena itu ikan ini disebut dengan ikan komet.

Ikan Manfish
 Ikan manfish (Angle Fish) berasal dari Amerika Selatan. Ikan ini telah banyak dibudidayakan di Indonesia. Ikan ini disebut dengan Angle Fish (Ikan Bidadari), karena bentuk dan warnanya menarik serta gerakkannya yang tenang. Ikan manfish dapat dibudidayakan pada lahan yang kecil seperti pada akuarium.

Ikan Blackghost
black ghost ikan hias air tawar
Black Ghost berasal dari sungai Amazon, Amerika Selatan. Ikan ini masih belum banyak dibudidayakan. Namun memiliki peluang bisnis yang potensial. Ikan ini memiliki bentuk tubuh memanjang dan pipih dengan warna tubuh hitam.

Ikan Molly
molly jenis ikan hias air tawar
Ikan molly (Poecillia sp) merupakan ikan hias air tawar yang bersifat euryhaline. Jenis ikan molly antara lain black molly balon, marble molly ballon green salfin molly dan lain-lain. Induk jantan ikan molly ramping dan memiliki warna yang tajam. Sedangkan induk betina gemuk dan memiliki warna yang agak pudar.