16 December 2014

Indonesia Menjadi Negara Eksportir Ikan Hias Terbesar

bisnis ikan hias
Ikan hias menjadi fenomena yang sedang menjamur. Banyak pengusaha mejadikan bisnis ikan hias ini menjadi tujuan usahanya. Tidak hanya untuk usaha sekala besar, bahkan untuk usaha sekala kecil bisnis ini semakin menjamur. Saya sering mengunjungi beberapa toko ikan hias dan saya lihat pengunjungnya cukup konsisten.

Indonesia saat ini mengalami pemindahan tampuk kepemimpinan. Kementerian kelautan dan Perikanan saat ini dipegang oleh seorang pengusaha yang handal. Sebagai seorang pemimpin, menteri kelautan dan perikanan mempunyai program kerja yang bagus untuk menaikkan citra usaha ikan hias. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang dipimpin oleh Susi Pudjiastuti, menargetkan Indonesia sebagai eksportir terbesar ikan hias di dunia, mengalahkan Spanyol dan Jepang.
 
Potensi ikan hias indonesia cukup besar namun masih kalah dibandingkan dengan spanyol dan Jepang. Bahkan Indonesia masih memiliki pesaing seperti Malaysia dan Singapura. Namun Indonesia saat ini berada diurutan ketiga eksportir ikan hias.
 
Ekspor ikan hias indonesia saat ini didominasi oleh ikan hias air tawar. Padahal jenis ikan hias laut sangat beragam. Potensi ikan hias air laut menurut saya cukup tinggi mengingat indonesia merupakan negara kepulauan dan memiliki karang yang bagus. Modal berharga ini tentunya harus dimanfaatkan dengan bagus. Namun perlu kita ingat kelestarian alam juga harus diperhatikan.
 
Apakah ikan hias merupakan bisnis yang menguntungkan? Tentu saja. Seorang pebisnis dari singapura bahkan menjadi kaya melalu bisnis ikan hias. Singapura saat ini menjadi pemain penting dalam hal pemasok ikan hias dunia. Singapura memenuhi 20% pasokan ikan hias dunia.
 
Apakah Indonesia mampu menjadi eksportir ikan hias terbesar? Tentu saja mampu. Potensi perairan baik tawar maupun laut yang dimiliki sangat besar. Jika didukung oleh usaha budidaya ikan hias yang tinggi niscaya Indonesia bisa menjadi eksportir ikan hias terbesar di dunia. Program ini yang sedang digodog oleh kementerian kelautan dan perikanan Indonesia. Mari kita nantikan program-program kerja yang mendukung tercapainya Indonesia sebagai eksportir ikan hias terbesar di Dunia.