17 January 2016

Tingkatkan Prestasi Anak dengan Makanan Sehat Berikut Ini

makanan sehat untuk anak
Kecerdasan anak sangat bergantung pada asupan gizi yang diberikan. Memberikan makanan sehat untuk anak sekolah supaya menjadi cerdas erat kaitannya dengan memberikan asupan gizi agar fungsi otak meningkat. Namun sebenarnya perkembangan otak sudah dimulai dari dalam kandungan oleh karena itu asupan gizi untuk ibu juga memegang peranan penting.

Anak-anak memerlukan asupan gizi agar kemampuan otak untuk menangkap informasi lebih lancar. Selain makanan perlu diberikan latihan-latihan untuk meningkatkan kemampuan motorik dan koordinasi otak. Kegiatan di alam terbuka seperti di taman, di daerah pegunungan, kebun raya sangat membantu perkembangan otak terutama kemampuan untuk berkonsentrasi. Artikel ini akan lebih banyak membahas pengaruh makanan untuk meningkatkan kecerdasan anak.

Konsentrasi anak-anak ketika belajar di sekolah akan meningkat jika diberikan sarapan sebelum sekolah. Anak-anak yang diberikan sarapan tiap paginya memiliki memori yang lebih tajam dan tingkat kewaspadaan yang lebih tinggi. Berikan anak-anak sarapan sebelum berangkat sekolah. Ada baiknya sediakan susu, roti, sereal, telor untuk sarapan setiap pagi.

Ikan dipercaya memiliki manfaat yang besar untuk perkembangan otak dan kesehatan mata. Kandungan omega 3 pada ikan berperan dalam pembentukan sel-sel otak dan menjaga kesehatan mata. Kecerdasan anak juga sangat bergantung pada kesehatan mata karena perlu fokus untuk mengikuti pelajaran di sekolah. Mata yang tidak sehat atau terganggu seperti mata minus akan mengganggu kemampuan belajar anak-anak di sekolah.

makanan sehat untuk anak sekolahan
Makanan sehat untuk anak yang berikutnya adalah ikan. Ikan mengandung protein yang mudah dicerna, asam lemak tidak jenuh yang sangat bermanfaat, serta kaya kandungan vitamin dan mineral. Ikan salmon terkenal akan kandungan DHA-nya yang tinggi. Selain itu, ikan salmon juga mengandung iodine, protein, selenium, omega 3, berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin D, serta vitamin B12. Vitamin A diperlukan bagi kesehatan mata. Vitamin D membantu tubuh dalam menyerap fosfat dan kalsium, sementara vitamin B12 membantu produksi sel-sel darah merah yang dapat mencegah anemia.

Kandungan vitamin dan mineral serta komponen makro yang dimiliki ikan bagus untuk kesehatan anak dan kecerdasan anak. Jika anak-anak sudah terbiasa makan ikan maka kesehatan anak akan terus terjaga dan dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Asupan vitamin dari buah dan sayur juga jangan sampai dilupakan. Variasi makanan yang dikonsumsi perlu dilakukan untuk memperkaya gizi yang diperoleh oleh tubuh. Asupan serat dari buah dan sayur bagus untuk pencernaan anak dan dapat meningkatkan tingkat penyerapan makanan.

Demikianlah artikel tentang makanan sehat untuk anak sekolah agar cerdas dan memiliki kemampuan konsentrasi yang tinggi. Orang tua perlu berperan aktif untuk menjaga keseimbangan antara makanan dan latihan-latihan sehingga anak tetap sehat.