24 January 2016

Kesehatan Mahal Mari Saling Mengingatkan Untuk Hidup Sehat

Tips Kesehatan
Hari ini saya ingin membuat artikel tentang makanan sehat. Saya ingin menyampaikan beberapa informasi tentang makanan sehat menurut pendapat saya dan beberapa literatur yang saya baca. Saya sangat tertarik dengan bidang pangan dan perikanan, maka saya membuat tema yang lebih spesifik tentang makanan sehat.

Pola Makan Masyarakat yang Mengarah pada Pola Makan Tidak Sehat

Kenapa saya mengangkat tema tentang makanan sehat? Karena seperti kita ketahui industri makanan tidak ada matinya. Namun apakah makanan tersebut baik untuk kesehatan? Apakah makanan yang dijual di pinggir jalan sehat? Apakah makanan yang ada di supermarket sehat? Menemukan makanan sehat saat ini sangat susah, karena semua dibuat serba instan. Tentu saja makanan tersebut harus tahan lama sehingga mudah disimpan. Daya simpan yang lama erat kaitannya dengan pengawetan dan penggunaan bahan pengawet. Apakah makanan tersebut sehat?

Masyarakat sudah terbiasa dengan citarasa yang enak sehingga semakin meninggalkan maksud dari makanan sehat. Penggunaan penyedap masakan semakin populer. Bahkan anak-anak sekarang pun hanya mau makan jika menggunakan penyedap masakan tersebut. Padahal penggunaan ikan maupun hasil perikanan seperti udang sebagai sumber flavor alami jauh lebih bagus. Namun orang jarang menggunakannya karena mahal.

Penyakit-Penyakit Degeneratif Mulai Muncul Bahkan Anak-Anak Sudah Ada yang Menderita

Penyakit-penyakit degeneratif semakin banyak bermunculan. Tidak hanya masyarakat dari golongan menengah ke atas. Bahkan golongan menengah ke bawah pun mulai menderita penyakit degeneratif. Tidak jarang kita mendengar orang meninggal karena serangan jantung, diabetes, kolesterol. Bahkan sudah seperti hal yang wajar.

Apakah yang menyebabkan penyakit-penyakit itu? Intinya adalah karena kelebihan. Baik itu kelebihan gula maupun kelebihan senyawa gizi makro yang lain. Pola makan yang tidak seimbang menyebabkan hal-hal tersebut terjadi. Masyarakat semakin suka memakan terlalu banyak protein dan lemak misalnya makan ayam goreng tetapi tidak diimbangi dengan makan sayur-sayuran dan buah-buahan.

Tips menjaga kesehatan tubuh
Generasi Malas Bergerak

Selain itu masyarakat semakin malas untuk bergerak. Semakin banyak kita memakan sumber energi dari makanan, maka diharapkan kita semakin banyak bergerak. Jika asupan energi yang kita makan tidak diimbangi dengan gerak maka energi tersebut akan diubah menjadi simpanan energi dalam bentuk lemak.

Kendaraan bermotor semakin banyak artinya semakin sedikit yang naik sepeda dan berjalan kaki. Pemerintah daerah mencanangkan car free day agar masyarakat tertarik untuk berolahraga. Mari kita berolahraga agar asupan energi yang kita makan terpakai sehingga tidak tertimbun sebagai lemak. Awas lho akibatnya adalah kegemukan.

Pedoman Gizi Seimbang Harus disosialisasikan dengan Baik

Pedoman makanan sehat kita adalah empat sehat lima sempurna. Namun konsep itu telah diganti menjadi konsep gizi seimbang. Konsep ini bagus untuk mengatur pola makan masyarakat sehingga terdapat keseimbangan antara makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Konsep gizi seimbang. Konsep gizi seimbang diterapkan mulai dari bayi, anak-anak, ibu hamil, ibu menyusui, dewasa, dan lanjut usia. Konsep yang diberikan bertujuan untuk menciptakan masyarakat indonesia yang sehat.

Makanan sehat adalah makanan yang berasal dari tempat yang baik

Makanan sehat adalah makanan yang bersumber dari tempat yang baik. Tempat yang baik ini antara lain adalah tanah yang subur dan perairan yang bersih. Sayur dan buah-buahan yang berasal dari tempat yang subur dalam arti sayur dan buah organik memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lebih baik. Ikan yang ditangkap dari perairan yang bersih memiliki kandungan gizi yang baik jika dibandingkan dengan ikan yang ditangkap dari perairan tercemar. Hewan ternak yang dibiarkan memakan makanan dari padang rumput yang alami memiliki kandungan gizi yang baik jika dibandingkan hewan ternak yang diberi pakan buatan. Apakah anda setuju?

Saya berusaha untuk memberikan informasi yang bermanfaat agar masyarakat mulai sadar akan pentingnya makanan sehat. Jadi pengertian makanan sehat yang saya maksud lebih menyangkut ke segala hal yang mendukung terpenuhinya gizi seimbang dan makanan yang berkualitas.